Waspadai Virus Penyakit Hati yang Mudah Menyebar dan Berbahaya


Penyakit hati yang satu ini memang sangat berbahaya dan mudah menyebar, nama penyakitnya adalah hasad. Hasad adalah suatu sikap seseorang yang tidak senang terhadap orang yang memperoleh keberuntungan, kenikmatan atau karunia dari Allah swt. Hasad atau dengki ini dapat timbul biasanya diawali dengan suatu permasalah atau permusuhan yang menyebabkan terjadinya persaingan untuk saling menjatuhkan dan ingin lebih dari orang lain.
Hasad adalah penyakit hati yang tidak boleh disepelekan Karena merupakan benih virus yang akan menyebar dan merusak seluruh kebaikan yang kita punya. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw yang artinya,

"Jauhilah oleh kalian hasad karena ia akan memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." (HR. Abu daud).

Hasad dalam hadits tadi digambarkan seperti api yang dengan mudah melalap kayu bakar. Di hadapan Api, kayu bakar tidak berdaya dan akan hangus dalam sekejap. Begitu juga dengan hasad. Dihadapan hasad, seluruh kebaikan kita dengan cepat hangus. Hasad juga akan mendorong kita pada penyakit-penyakit hati lainnya yang akan memakan kebaikan-kebaikan kita sendiri :

1. Hasad akan mendorong kita pada penyakit hati lainnya, yaitu ghibah atau membicarakan kejelekan-kejelekan orang lain. Karena hasad, kita cenderung menutupi kebaikan orang lain dan membesar-besarkan kejelekannya. Dengan begitu, kita berarti menyebarkan aibnya. Kita akan merasa senang jika orang lain menyetujui pendapat kita yang menjelek-jelekkan orang tersebut, dan kita tidak senang ketika orang lain mencoba membela orang yang kita omongkan kejelekannya.

2. Hasad akan memelihara penyakit su'uzan atau berburuk sangka. Kita akan terus mencurigai atau berburuk sangka. Kita akan terus mencurigai atau berburuk sangka terhadap sumber datangnya anugerah yang dimiliki orang yang tidak kita sukai tersebut. Jika su'uzan kita pelihara, kita juga memelihara kebenciaan orang tersebut dan akan semakin sulit untuk membenarkan tuduhan kita terhadap orang lain yang kita simpan dalam hati.

3. Hasad akan memotivasi kita untuk tajassus  atau mencari-cari kesalahan orang lain. Penyakit ini bisa jadi muncul karena kita memendam dan sulit untuk memaafkan orang lain. Kita merasa puas jika kita dapat membuktikan kesalahan orang lain dan senang jika yang lainnya setuju atau menambah fakta untuk membuktikan kasalahan orang tersebut.

4. Hasad akan menggiring kita untuk melakukan fitnah karena kita berusaha agar anugerah yang ada pada orang lain itu hilang dari dirinya. Fitnah berarti menuduh seseorang  melakukan sesuatu tanpa bukti.
Share on Google Plus

About Bacaan madani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment