Tuesday, November 15, 2016

Inilah Menangis yang Bisa Menjauhkan Kita dari Jilatan Api Neraka

Allah Swt menyeru kepada orang-orang yang beriman, berisi perintah dan peringatan berikut kabar tentang bahaya besar yang mengancam. Seruan ini ditujukan kepada orang-orang beriman, karena hanya orang beriman yang mau mencurahkan pendengaran kepada ajakan Allah Swt, berpegang dengan perintah-Nya dan mengambil manfaat dari ucapan-Nya. Allah Swt perintahkan agar orang beriaman menyiapkan tameng untuk diri mereka sendiri dan untuk keluarga mereka guna menangkal bahaya yang ada di hadapan mereka serta kebinasaan di jalan mereka.

Bahaya yang mengerikan itu adalah api yang sangat besar, tidak sama dengan api yang biasa kita kenal, yang dapat dinyalakan dengan kayu bakar dan dipadamkan oleh air. Api neraka ini bahan bakarnya adalah tubuh-tubuh manusia dan batu-batu. Ia berbeda  sama sekali dengan api di dunia. Bila orang terbakar dengan api dunia, ia pun meninggal berpisah dengan kehidupan dan tidak lagi merasakan sakitnya pembakaran tersebut. Beda halnya bila seseorang dibakar dengan api neraka, na’udzubillah. Allah Swt berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Qs. At-Tahrim: 6)

Menangis juga termasuk salah satu dapat menjauhkan diri kita dari jilatan api neraka. Lalu bagaimanakah menangis yang dapat menjauhkan dari jilatan api neraka?

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Bahwa Nabi SAW bersabda :

"Tidak masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah hingga air susu masuk kembali ke puting ibunya" (Suatu kepastian bahwa seseorang yg menangis karena takut kepada Allah tidak akan masuk ke dalam neraka) (HR. Ath-Tirmidzi , An-Nasai dan Ahmad)

Rasulullah Saw bersabda :

"Ada 2 Jenis mata yang tidak akan disentuh api neraka, yaitu 2 mata yang menangis pada tengah malam karena takut kepada Allah, dan mata yang tidak tidur karena berjuang di jalan Allah" (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah Saw bersabda:

"Tidaklah seorang hamba mukmin yang keluar dari matanya setetes air mata meskipun hanya sebesar kepala lalat karena takut kepada Allah, kecuali Allah akan menjaganya dari api neraka" (HR. Ibnu Majah)

Dari Abdul Wahid bin Zaid berkata :

"Wahai saudaraku, tidaklah kalian menangis karena rindu kepada Allah, ketahuilah bahwa orang yang menangis karena rindu kepada Kekasihnya, maka dia tidak melarangnya untuk melihatnya. Wahai saudaraku, tidaklah kalian menangis karena takut Neraka ?, ketahuilah bahwa orang yang menangis karena takut neraka, maka Allah akan menjauhkannya dari nereka" (Diriwayatkan dari Ibnu Abu Dunya dalam Riqqah wa al-Buka 1/27)

Dari Farqad as-Subkhi berkata : "Saya membaca di sebagaian buku buku bahwa orang yang menangis karena surga, maka surga akan memintakan syafaat dari Allah, Surga berkata :

"Wahai Tuhanku masukanlah ia ke surga karena ia sering menangis karenaku". Dan Neraka akan menolak dan berkata kepada Allah, "Wahai Tuhanku, jauhkanlah dia dari neraka sebagaimana ia jauh dariku dan ia menangis karenaku" (Diriwayatkan dari Ibnu Abu Dunya dalam Riqqah wa al-Buka 1/42)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang menangi yang dapat menjauhkan diri dari jilatan api neraka. Mudah-mudahan kita termasuk oprang-orang yang di jauhkan dari siksa api neraka. Aamiin.

Baca Juga Artikel Lain :
1. Dahsyatnya Suara Api Neraka
2. Beginilah Gambaran Bentuk dan Besarnya Pintu Surga
3. Penjelasan Rasulullah Tentang Wanita Banyak Penghuni Neraka
4. Penyebab Orang Menjadi Penghuni Neraka Saqar
5. Ternyata Manusia yang Paling Berat Siksanya di Neraka Bukanlah Orang Kafir
6. 3 Golongan Pertama yang Disidang di Hari Kiamat

No comments:

Post a Comment